pns dngn mryang gmbira…

kisah kasih PNS ceria

Bagaimana PNS bisa kaya raya? Agustus 5, 2010

Filed under: Blog Ndableg! — kringetdingin @ 7:40 am
Tags: , , ,

Ternyata jadi PNS bisa kok hidup kaya raya, caranya ya dengan mengatur pengeluaran kita biar bisa nabung, kl ada duit lebih enak diliat mata emak babe… “Weh… ini anak gw jadi PNS, ternyata kaya dia… sapa bilang PNS miskin??”

Yang penting tuh keliatan seperti PNS Teladan Jaya di kampung / kota halaman.

Untuk membantu manajemen citra kawan2 sperjuangan, saya menyusun tips agar para PNS (terutama yang merantau jauh dari keluarga) bisa keliatan sejahtera dan kaya di mata orang tua, tetangga, dan teman2 kita yang bekerja di swasta dan bergaji besar…๐Ÿ™‚

Jika dilihat secara seksama…. Gaji PNS golongan III/a = Rp. 1.7jt an, pembulatan ke atas deh, jadi 1.8jt.
Tambah uang makan (dengan catatan tiap hari masuk kantor 22 hari penuh) = Rp.440.000 – 15% = Rp. 374.000
Total penghasilan per bulan = Rp. 2.174.000,-

Cara mengatur pengeluaran:

1. Tempat tinggal. Seperti yang pernah saya bahas, paling murah adalah tidur di kantor. Namun kalau itu tidak memungkinkan, carilah kost-an dan sharing room dengan teman seperjuangan yang lain. Misalnya harga kost-an 1 kamar 600rb (ini udah keren lhow.. pake AC), maka kalau sharing ber-2 atau ber-3 kan bisa lebih hemat. Jangan lupa pasang tampang pegawai tertindas di depan ibu kost, biar diizinin sekamar sampai 3 orang… (Rp. 200rb/bulan)

2. Makan. Breakfast is the most important meal. Jadi harus sarapan pagi. Untuk menghemat, sarapan pagi jam 11, kl judul kerennya brunch… beli nasi padang, nasi nya yang banyak kuahnya yang banyak… jadi kenyang bisa sampai jam 7 malem…. Agar lebih menghemat malam gak usah makan… jam 7:30 an abis sholat isya, langsung aja tidur… Yang lebih baik lagi adalah sering-sering puasa… puasa senin kamis, puasa nabi Daud… setiap ada puasa ikutin aja. Lumayan kan hemat dan berpahala. Ini juga menjadi citra yang baik, PNS yang rajin beribadah. (1xRp.10rbx30 = Rp.300rb/bulan)

3. Merokok. Wah ini sih gak banget…. mendingan gak usah ngerokok lagi deh, bayangin kalau sehari sebungkus, 11rb x 30, 330rb sebulan. Mending buat beli baju mahal, kan keliatan keren di depan orang2. Daripada ngisep rokok, mending ngisep jempol aja, gratis. (Rp. 0)

4. Transport. Ini ada kaitannya dengan lokasi rumah tinggal, semakin dekat kantor semakin murah transportnya. Tapi kalau harus tinggal jauh dari kantor itu sih deritamu… hehe… bisa menghemat transport dengan nebeng temen, atau nebengin temen trus tagih uang bensin. Kalau di bagi 2 kan mustinya keluar 80rb/bulan jadi cuma 40rb/ bulan. nya…Kalau naik angkot atau bus kenalan sama supir angkot/bus nya, tawarin diri jadi kondektur. Malah dapet penghasilan tambahan kan… Buat yang hobi nyanyi, mengamenlah. Untuk yang suka naik KRL, beli abodemen, walaupun hemat, tetap gak boleh melanggar hukum (Rp.50rb sebulan)

5. Hiburan. Pinjem DVD dari temen, it’s more than enough. Gratisan pula. (Rp. 0) Datanglah ke tempat2 hiburan gratis, misalnya tepi laut, taman, bawa gitar, bernyanyilah dengan merdu di dekat2 orang berpacaran, anda tidak perlu keluar uang, tapi orang akan rela membayar anda untuk pergi daripada menganggu kegiatan pacaran mereka.

6. Belanja bulanan. Sabun dsb… Baju kalau bisa dipakai dua kali. Biar hemat sabun. Keramas seminggu sekali biar hemat sampo, mandi sekali sehari biar hemat sabun, sikat gigi tetep 2x sehari, untuk lebih murahnya, cari batu bata trus ditumbuk lalu digosok2an ke gigi. Odol jaman sekarang banyak mengandung bahan kimia… (belanja bulanan 50rb/bulan)

Dari ke enam pengeluaran di atas, ternyata PNS hanya butuh mengeluarkan uang Rp. 600.000,- sebulan. Dari penghasilan Rp. 2.174.000, berarti masih sisa sekitar Rp. 1.574.000 per bulan. Dikalikan 10 bulan, sudah dapat Rp. 15.740.000. Itu buat ongkos beli tiket pulang pergi ke kota/kampung halaman, oleh-oleh buat orang tua, sanak saudara handai taulan, salam tempel pas lebaran, jangan lupa beli beberapa baju bermerk, yang KW-an juga gpp biar keliatan nya PNS itu kaya raya… Masalah setelah lebaran jadi miskin lagi.. itu urusan lain, yang penting pas mudik keliatan kaya, orang tua bahagia๐Ÿ™‚

Kan semua orang selalu protes katanya PNS itu males-malesan juga digaji, gajinya terlalu besar, sebenarnya mereka tuh kaya dari korupsi… Padahal kan bisa dilihat bahwa bisa nabung lumayan banyak dalam setahun… udh bisa jalan2 ke Hongkong tuh…๐Ÿ™‚

nah daripada masyarakat menuduh yang aneh2, tp ternyata kok miskin… mendingan kita berikan apa yang masyarakat inginkan, membuat orang merasa senang berpahala lho…๐Ÿ˜€

 

3 Responses to “Bagaimana PNS bisa kaya raya?”

  1. sangpenjelajahmalam Says:

    Hehe, boleh juga…

  2. erfanmk Says:

    ini termasuk “pencitraan” jadi terlihat kaya raya dan bukan beneran kaya. Kalo yang korupsi itu, beneran kaya tapi tidak mau terlihat kaya beneran (?) Lha kan gak mungkin sesama golongan 3A bisa gonta-ganti mobil, rumah mewah padahal gaji sama, itungan sama, daleman sama๐Ÿ™‚ Jadi PNS yang beneran koruptor gak mau ber”citra” kaya, karena takut dituduh korupsi. Kalo tips ini malah sebaliknya, PNS harus bercitra kaya agar orang lain senang karena dugaan bahwa PNS kaya itu pasti korupsi emang beneran, lha malah bikin mbingungin.

  3. fajar adrian hermansyah Says:

    lumayan bisa jadi referensi buat gue ..
    haha๐Ÿ™‚
    thanks ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s