pns dngn mryang gmbira…

kisah kasih PNS ceria

Filosofi Pancake Desember 11, 2011

Filed under: Blog Ndableg! — kringetdingin @ 3:16 am
Tags: , , ,

Minggu Pagi.

Karena libur, biasanya hari Minggu saya isi dengan masak memasak… hari ini saya lagi pingin uji kesabaran saya dengan membuat pancake.

Membuat pancake itu mudah banget, bahannya juga gampang dicari, cuma terigu, telur, susu, mentega, baking powder, gula… semua tersedia di warung terdekat. Dan bukannya congkak, bukannya sombong, rasa pancake buatan saya gak jauh beda sama yang di Panc*ous :p

Kenapa saya bilang bikin pancake butuh kesabaran?

Pertama, pancake itu dibuat biasanya pagi2 untuk sarapan, kalau gak punya banyak waktu, dan udah kelaperan tingkat dewa, saya tidak merekomen bikin pancake untuk sarapan.

Kedua, membuat pancake itu butuh kesabaran tingkat tinggi… ini bukan kue dadar, ini pancake…

Silahkan bilang saya lebay, tapi membuat pancake mengajarkan saya beberapa filosofi hidup.. halaah…
Eh benerr… here are some of them…

1. Well prepared and Organized. Very important. Siapin semua bahan yang akan digunakan, dan dipisahkan sesuai jenis. Kalau dalam membuat pancake, pisahkan bahan kering dan bahan basah. Bahan kering itu terigu, gula, baking powder. Dan bahan basah itu susu, telur, mentega cair. Taroh semua bahan kering di satu tempat, dan semua bahan basah di 1 tempat. Ini untuk menghindari terjadinya gumpalan2 ketika mengadon pancake.

Sama seperti kerjaan dan banyak proyek. Pisahkan beberapa pekerjaan sesuai kategorinya… biar tidak terjadi gumpalan konflik, kalau pada akhirnya tidak bisa dipisahkan seperti adonan pancake yang akhirnya bersatu juga… minimal semua bisa tercampur dengan baik dan halus… maen halus cing….

2. Ketika memanggang pancake, gunakan api kecil. Ya itu biar matangnya merata sampai ke dalam…
Ketika lagi ngerjain sesuatu jangan emosi, pelan2 aja, alon alon asal kelakon, konsep dengan baik dan eksekusi dengan baik… yang penting jadinya beres dan sempurna.. jangan keliatan luarnya aja mateng tapi ternyata dalemnya masih benyek…

3. Jangan menekan pancake. Pancake itu harusnya mengembang dan ringan. Jangan ditekan, karena menekan pancake hanya akan menggagalkan apa yang sudah kita siapkan sebelumnya. Menekan pancake juga tidak membuat pancakenya jadi lebih cepat matang.. jadi keras sih iya…

Ini penting banget loh… untuk saya… jangan menekan sesuatu yang semestinya memang memakan waktu lama. Apapun yang dikarbit hasilnya pasti gak oke. Percaya deh…

4. Jangan menumpuk pancake. Walaupun di foto keliatan keren kalau ngeliat pancake ditumpuk2, jangan menumpuk pancake. Karena menumpuk pancake hanya akan membuat pancake jadi kempes dan ‘soggy’ atau agak lembek..

Apapun yang terlihat keren belum tentu baik… Contoh: presentasi super wah tapi kalau isinya lembek buat apa?

Btw, semua tips tentang pancake diatas benar adanya… Kalau tentang filosofi hidup nya sih,,, itu terserah yang baca aja mau diambil apa nggak. Lagipula setiap saya nulis di blog ini, pikirian saya pasti lagi gak lurus.. hehehee…

Selamat hari Minggu, salam Doraemon dan tukang delman istimewa sambil duduk di muka!

pancake

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s