pns dngn mryang gmbira…

kisah kasih PNS ceria

Remunerasi dan Emosi Januari 14, 2013

Filed under: Tak Berkategori — kringetdingin @ 1:17 am
Tags: ,

Kementerian saya dapat remunerasi. Good news lah… akhirnya kinerja diitung juga.. walaupun saya gak yakin perhitungannya objective, tapi minimal bikin orang jadi berusaha untuk menjadi lebih baik.

Seperti saya yang biasanya terlambat… sebenernya sih gak telat2 amat.. masih di bawah jam 8 toh. Lagian ide nya siapa sih masuk kerja jam 7:30? kl di Jakarta mah iya udah terang, udah rame… coba aja kl di daerah2.. sebelah barat Indonesia.. subuh aja masih bisa pas jam 6. 

Sejak remunerasi berlaku, saya selalu berusaha datang tidak terlambat. Berhubung semua dihitung-hitung… bahasa Palembang nya, ‘cemeke’an’ alias perhitungan.. gak ada salahnya kan kl saya juga hitung2an? Misalnya… kl saya datang jam 7 pagi, itu juga tidak menutupi jam kerja saya yang datang terlambat di hari sebelumnya? kl saya ngantor sampe jam 5 itu tidak bisa menutupi kekurangan jam kerja di hari sebelumnya.. bener kan?

Jadi… saya selalu berusaha untuk datang ngepas aja. Yah kurang2 5 menit deh. Menurut saya waktu ideal untuk datang itu ya jam 7:25 – 7:29. Biar sama2 gak dirugiin. Saya gak rugi, negara juga gak rugi. Untuk sampai pada waktu yang pas segitu, diperlukan kecermatan luar biasa. Kayak lomba gerak jalan, harus bisa tiba pas waktunya… 

Hanya saja ada kebijakan semacam ini yang kadang bikin saya emosi jiwa dan raga, terlambat 1 menit – 29 menit dipotong remun 0.5%. Naah… kalau kayak gini, rugi banget kan kalau saya terlambat 2 menit misalnya… apakah tidak lebih baik saya ngupi2 dulu di warung sebelah sampe jam 7:28? Toh udah dipotong 0.5% juga… Emangnya sistem ngerti kalau kita terlambat semenit.. pokoknya kan pukul rata… kecualiii… perhitungannya… beda… untuk masing2 menit, jadi misalnya terlambat 29 menit potong 0.5%, terlambat 3 menit potong nya, 3/29 x 0.5% = 0.052% 

Naah itu baru fair… cuman kan gak seperti itu…

Belum lagi setiap hari senin ada apel pagi (yang sampe sekarang saya gak ngerti guna nya buat apa?) udah kayak kura2 dijejer di jemur pagi2… DItambah bapak yang baca nama absen nya lamaa banget… jadi kalau saya tiba jam 7:28, dipaksa untuk apel pagi duluan, pas selesai apel buru2 absen, nah, terlambat 1 menit! Emosi donk donk donk! (3x biar afdol emosinya)…. Kan saya udah sampe sebelum jam 7:30. Uggh… yang kayak gini bikin saya emosi… Tau gitu beneran aja, abis apel makan bubur ayam dulu, sosialisasi lah istilahnya… 

Remunerasi.. bagus sih, akhirnya kerjaan kita dinilai juga.. walaupun untuk kinerja saya jg masih gak yakin si kepala seksi tega gak memvalidasi whatever “eek sapi” yang ditulis di laporan mingguan, jadi satu2nya yang bikin kita (atau saya lah) semangat ya berusaha untuk datang di bawah jam 7:30, tapi usaha saya pun kadang gagal dengan sakit hati kalau terlambat dibawah 5 menit. Seperti tadi pagi yang akhirnya mengalah dengan apel, rela2in remun saya dipotong 0.5%, silahkan aja sih dipotong… cuma kalau saya seharian jadi ngebentak-bentak orang gara2 emosi dari pagi tadi… jangan protes yah… namanya jg orang lagi emosi…Apalagi bumil, walaupun dibilang jangan emosi, tetep aja lebih emosi daripada orang normal pada umumnya.

Mungkin di laporan kinerja perlu di pasang ‘icon mood’ nya… pasti yang dateng terlambat dikit mood nya jelek seharian. Seperti saya ini, yang udah siap ngulitin siapapun yang mendekat. 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

